Pages

Sabtu, 07 Desember 2013

membuat program tagihan listrik vb net 2008

hallo sahabat blogger(O_O)......
 ada neh sebuah program tentang tagihan listri dari progarm VB.NET 2008
SEMOGA BERMANFAAT>.........



Public Class Form1
    Sub ISITABEL()
        Dim Z As New ListViewItem
        Z.Text = kode_pelanggan.Text
        Z.SubItems.Add(nama.Text)
        Z.SubItems.Add(tipe.Text)
        Z.SubItems.Add(harga.Text)
        Z.SubItems.Add(daerah.Text)
        Z.SubItems.Add(biaya_beban.Text)
        Z.SubItems.Add(besar_pemakai.Text)
        Z.SubItems.Add(total_tagihan.Text)
        Z.SubItems.Add(pembayaran.Text)
        LV.Items.Add(Z)



    End Sub
    Sub rancang()
        LV.View = View.Details
        LV.FullRowSelect = True
        LV.GridLines = True
        LV.Columns.Add("kode pelanggan", 100)
        LV.Columns.Add("nama", 140)
        LV.Columns.Add("tipe", 160)
        LV.Columns.Add("harga", 110)
        LV.Columns.Add("daerah", 100)
        LV.Columns.Add("biaya beban", 100)
        LV.Columns.Add("besar pemakai", 100)
        LV.Columns.Add("total tagihan", 100)
        LV.Columns.Add("pembayaran", 100)

    End Sub

    Sub bersih()
        kode_pelanggan.Text = ""
        nama.Text = ""
        tipe.Text = ""
        harga.Text = ""
        daerah.Text = ""
        biaya_beban.Text = ""
        besar_pemakai.Text = ""
        total_tagihan.Text = ""
        pembayaran.Text = ""
        pajak.Text = ""


    End Sub

    Sub kodepelanggan()
        kode_pelanggan.Items.Add("PAB-MED-100")
        kode_pelanggan.Items.Add("TOK-BEL-101")
        kode_pelanggan.Items.Add("SWA-MAR-102")
        kode_pelanggan.Items.Add("RUM-BIN-103")
        kode_pelanggan.Items.Add("PAB-PAK-104")
        kode_pelanggan.Items.Add("SWA-TEM-105")
    End Sub
    Sub KODEKONSUMEN()
        kode_pelanggan.Items.Add("MT-MJ-010")
        kode_pelanggan.Items.Add("WK-MB-011")
        kode_pelanggan.Items.Add("JK-MJ-012")
    End Sub

    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        rancang()
        kodepelanggan()


    End Sub

    Private Sub besar_pemakai_KeyPress(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles besar_pemakai.KeyPress
        If Asc(e.KeyChar) = 13 Then
            total_tagihan.Text = Val(biaya_beban.Text) + (harga.Text * besar_pemakai.Text)
            pajak.Text = 0.15 * total_tagihan.Text
            pembayaran.Text = Val(biaya_beban.Text) + Val(pajak.Text)
        End If
    End Sub

    Private Sub besar_pemakai_MouseWheel(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.MouseEventArgs) Handles besar_pemakai.MouseWheel

    End Sub

    Private Sub besar_pemakai_TextChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles besar_pemakai.TextChanged

    End Sub

    Private Sub kode_pelanggan_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles kode_pelanggan.SelectedIndexChanged
        Dim x, y, z As String
        x = Strings.Right(kode_pelanggan.Text, 3)
        Select Case x
            Case "100" : nama.Text = "riki sudirman"
            Case "101" : nama.Text = "sri ayuni"
            Case "102" : nama.Text = "m.shodeq"
            Case "103" : nama.Text = "m.rafli"
            Case "104" : nama.Text = "maenah"
            Case "105" : nama.Text = "yurnah lissarah"

        End Select
        y = Strings.Left(kode_pelanggan.Text, 3)
        Select Case y
            Case "TOK"
                harga.Text = 500
                besar_pemakai.Text = 1500000
                tipe.Text = "TOKO"
            Case "RUM"
                harga.Text = 200
                besar_pemakai.Text = 50000
                tipe.Text = "RUMAH"
            Case "PAB"
                harga.Text = 10000
                besar_pemakai.Text = 1000000
                tipe.Text = "PABRIK"
            Case "SWA"
                harga.Text = 1500
                besar_pemakai.Text = 400000
                tipe.Text = "SWALAYAN"


        End Select
        z = Strings.Mid(kode_pelanggan.Text, 5, 3)
        Select Case z
            Case "MED"
                daerah.Text = "MEDAN"
            Case "BEL"
                daerah.Text = "BELAWAN"
            Case "MAR"
                daerah.Text = "MARENDAL"
            Case "BIN"
                daerah.Text = "BINJAI"
            Case "PAK"
                daerah.Text = "LUBUK PAKAM"
            Case "TEM"
                daerah.Text = "AKSARA"
            Case Else
                daerah.Text = "_"

        End Select
    End Sub

    Private Sub btn_simpan_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btn_simpan.Click
        ISITABEL()
        bersih()

    End Sub

    Private Sub btn_hapussemua_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btn_hapussemua.Click
        LV.Items.Clear()
        bersih()

    End Sub

    Private Sub btn_hapusdata_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btn_hapusdata.Click
        LV.Items.Remove(LV.SelectedItems(0))
    End Sub

    Private Sub btn_keluar_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btn_keluar.Click
        Me.Close()

    End Sub

    Private Sub btn_batal_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btn_batal.Click
        kode_pelanggan.Text = ""
        nama.Text = ""
        tipe.Text = ""
        harga.Text = ""
        besar_pemakai.Text = ""
        total_tagihan.Text = ""
        pajak.Text = ""
        pembayaran.Text = ""
        daerah.Text = ""
        biaya_beban.Text = ""

    End Sub

    Private Sub total_tagihan_KeyPress(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles total_tagihan.KeyPress
        If Asc(e.KeyChar) = 13 Then
            total_tagihan.Text = Val(biaya_beban.Text) + (harga.Text * besar_pemakai)
            pajak.Text = 0.15 * total_tagihan.Text
            pembayaran.Text = Val(total_tagihan.Text) + Val(pajak.Text)

        End If
    End Sub

    Private Sub total_tagihan_TextChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles total_tagihan.TextChanged

    End Sub
End Class






0 komentar:

Posting Komentar