Pages

Rabu, 11 Desember 2013

listview dan gridview dalam VB.NET 2008

haiii kawan ada sedikit program neh
dalam program VB.NET 2008 dengan memakai listview dan gridview










Public Class Form2

    Sub rancang_tebel()
        LV.Columns.Add("KODE BARANG", 50, HorizontalAlignment.Left)
        LV.Columns.Add("NAMA BARANG", 100, HorizontalAlignment.Left)
        LV.Columns.Add("HARGA BARANG", 100, HorizontalAlignment.Left)
        LV.Columns.Add("JUMLAH BARANG", 50, HorizontalAlignment.Left)
        LV.Columns.Add("TOTAL BARANG", 100, HorizontalAlignment.Left)
        LV.Columns.Add("DISCOUND", 50, HorizontalAlignment.Left)
        LV.Columns.Add("TOTAL BAYAR", 100, HorizontalAlignment.Left)
        LV.GridLines = True
        LV.FullRowSelect = True
        LV.View = View.Details


   
    End Sub

    Private Sub kode_barang_KeyPress(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles kode_barang.KeyPress
        If kode_barang.Text = "Me 001" Then
            nama_barang.Text = "buku tulis"
            harga_barang.Text = "2000"
        ElseIf kode_barang.Text = "Me 002" Then
            nama_barang.Text = "pengaris"
            harga_barang.Text = "5000"
        ElseIf kode_barang.Text = "Me 004" Then
            nama_barang.Text = "pulpen"
            harga_barang.Text = "5000"
        End If


    End Sub

    Private Sub kode_barang_TextChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles kode_barang.TextChanged

    End Sub

    Private Sub btn_proses_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btn_proses.Click
        total_harga.Text = harga_barang.Text * jumlah_barang.Text
        If total_harga.Text >= 500000 Then
            discount.Text = 0.1 * total_harga.Text
        Else
            discount.Text = 0


        End If
        total_bayar.Text = Val(total_harga.Text) - Val(discount.Text)
    End Sub
    Sub isi_tabel()
        Dim x As New ListViewItem
        x.Text = kode_barang.Text
        x.SubItems.Add(nama_barang.Text)
        x.SubItems.Add(harga_barang.Text)
        x.SubItems.Add(jumlah_barang.Text)
        x.SubItems.Add(total_harga.Text)
        x.SubItems.Add(discount.Text)
        x.SubItems.Add(total_bayar.Text)
        LV.Items.Add(x)

    End Sub
    Private Sub btn_simpan_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btn_simpan.Click
        Call isi_tabel()
        Call ISIGRIDVIEW()
        Call HAPUS()
        Call GRIDVIEW()



    End Sub

    Private Sub btn_hapus_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btn_hapus.Click
        kode_barang.Text = ""
        nama_barang.Text = ""
        harga_barang.Text = ""
        jumlah_barang.Text = ""
        total_harga.Text = ""
        discount.Text = ""
        total_bayar.Text = ""

    End Sub

    Private Sub btn_keluar_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btn_keluar.Click
        Dim kodok As String
        kodok = MsgBox("apakah Anda yakin ingin keluar", MsgBoxStyle.YesNo)
        If kodok = vbYes Then
        End If
        Me.Close()
    End Sub
    Sub HAPUS()
        kode_barang.Text = ""
        nama_barang.Text = ""
        harga_barang.Text = ""
        jumlah_barang.Text = ""
        total_harga.Text = ""
        discount.Text = ""
        total_bayar.Text = ""
    End Sub
    Private Sub LV_Click(ByVal sender As Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles LV.Click
        kode_barang.Text = LV.SelectedItems(0).SubItems(0).Text
        nama_barang.Text = LV.SelectedItems(0).SubItems(1).Text
        harga_barang.Text = LV.SelectedItems(0).SubItems(2).Text
        jumlah_barang.Text = LV.SelectedItems(0).SubItems(3).Text
        total_harga.Text = LV.SelectedItems(0).SubItems(4).Text
        discount.Text = LV.SelectedItems(0).SubItems(5).Text
        total_bayar.Text = LV.SelectedItems(0).SubItems(6).Text


    End Sub

    Private Sub LV_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles LV.SelectedIndexChanged

    End Sub

    Private Sub Form2_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        Call rancang_tebel()
        Call GRIDVIEW()


    End Sub
    Sub GRIDVIEW()
        DG.ColumnCount = 7
        DG.Columns(0).HeaderText = "KODE BARANG"
        DG.Columns(1).HeaderText = "NAMA BARANG"
        DG.Columns(2).HeaderText = "HARGA BARANG"
        DG.Columns(3).HeaderText = "JUMLAH BARANG"
        DG.Columns(4).HeaderText = "TOTAL HARGA"
        DG.Columns(5).HeaderText = "DISCOUNT"
        DG.Columns(6).HeaderText = "TOTAL  BAYAR"

    End Sub
    Sub ISIGRIDVIEW()
        DG.Rows.Add(kode_barang.Text, nama_barang.Text, jumlah_barang.Text, total_harga.Text, discount.Text, total_bayar.Text)
    End Sub

End Class



0 komentar:

Posting Komentar